/Nih! Cara Pengunaan & Thermal Paste Terbaik untuk Mendinginkan PC kamu
tthermal-paste-banner

Nih! Cara Pengunaan & Thermal Paste Terbaik untuk Mendinginkan PC kamu

Halo para pembaca Emulatoria.id ! Mejaga temperatur PC / Komputer agar tetap dingin dan tidak throttling adalah keinginan kita semua pastinya. Untuk itu, perlu kita menjaga kondisi thermal paste yang ada didalam PC kita itu, karena, dengan menggunakan thermal paste yang benar, serta, dengan cara pengunaan yang tepat, maka kita dapat membuat PC (CPU & GPU) menjadi lebih adem, dan tentunya menjadi lebih awet dan berumur panjang ! Namun perlu kamu tahu, kalau pengunaan thermal paste secara tidak tepat (produk palsu atau pengaplikasian yang salah) malah mungkin membuat suhu PC kamu menjadi lebih panas lho !

Nah, karena itu, hari ini mimin akan membahas mengenai thermal paste dan juga mimin akan memberikan 5 rekomendasi thermal paste bagi kalian! Artikel ini sebenarnya ditujukan bagi kalian para pemula yang ingin mengganti / menambah thermal paste di PC kalian, namun bagi kalian yang sudah berpengalaman dalam memodifikasi PC pun mungkin juga bisa menemukan 1,2 hal baru yang ada didalam artikel ini, so langsung saja ya !

Apa itu Thermal Paste ?

Thermal paste, atau yang kamu kenal dengan berbagai sebutan, misalnya pasta thermal, pasta pendingin, gel pendingin laptop & PC sebenarnya adalah sebuah benda yang kebanyakan berwarna keabu-abuan yang berfungsi untuk mentrasnferkan panas dari GPU / CPU ke heatsink & pendingin. Dengan pengunaan yang benar, kamu dapat menurunkan temperatur komputermu hingga 10C !

Thermal paste memiliki berbagai macam tipe, antara lain silikon, karbon, keramik, dan metal. Dari sisi performa untuk mentrasnfer panas, thermal paste yang berbahan metal memiliki kemampuan paling tinggi, namun, thermal paste berbahan metal ini bersifat konduktif sehingga kamu tidak boleh sampai meluber kebagian metal dari motherboard saat kamu menggunakan thermal paste jenis ini.

Yang kedua, adalah thermal paste berbahan keramik, yang jika kita bandingkan dengan metal, performa untuk mentransfer panas dari thermal paste jenis ini, lebih redah, namun juga pengunaan thermal paste jenis ini lebih aman karena selain lebih mudah digunakan, thermal paste keramik tidak bersifat konduktif.

Yang harus kamu hindari adalah thermal paste yang memiliki sifat lem (lengket) karena secara peridoik (1-2 tahun) kamu harus mengganti thermal paste mu agar tetap memperoleh pengurangan suhu yang optimal, sedangkan jika kamu menggunakan thermal paste yang bersifat lengket, maka kamu akan sangat kesulitan untuk menggantinya karena sudah lengket.

Bagaimana Cara Menggunakan Thermal Paste dan Berapa Banyak?

Sebenarnya banyak cara untuk mengaplikasikan thermal paste, dan setau mimin, semua itu memiliki hasil yang kurang lebih sama selama caranya benar. Salah satu cara pengunaan thermal paste, adalah dengan kamu mengeluarkan sedikit thermal paste di bagian tengah dari bagian yang ingin kalian beri thermal paste, kemudian kamu meratakannya ke semua sisi ataupun dengan membuat huruf X dengan thermal paste mu sebelum meratakannya. Semuanya cara yang benar kok, selama kamu tidak kurang ataupun berlebihan dalam menggunakan thermal paste.

Cara Menghapus / Membuang Thermal Paste Lama

Jika kamu ingin menghapus / membuang thermal paste lama yang ada pada perangkatmu sebelum menggantinya dengan thermal paste baru, kamu dapat menggunakan isopropyl alcohol (Isopropil Alkohol) yang dapat kamu beli di toko online. Isporopil Alkohol sangat berguna untuk membersihkan permukaan dari heatsink dan CPU.

Cara penggunaan isopropil alkohol adalah dengan meneteskan (sedikit) cairan ini ke tempat thermal paste yang kamu ingin hapus, tunggu sebentar dan kemudian bilas dengan kain yang bersih.

5 Thermal Paste Terbaik di Tahun 2018 ini !

1. Noctua TH-H1 (Untuk Overclocking)

2. Arctic Silver 5 : 99.9% Silver Thermal Compound

3.Thermal Grizzly Conductonaut (Liquid Metal)

4. Thermal Grizzly Kryonaut (Keramik)

5. Arctic MX-4 (Karbon)

Kesimpulan

Jadi, sobat Emulatoria.id, jawaban dari thermal paste mana yang terbaik bagi kamu adalah sesuai dengan kondisimu. Jika kamu sekedar ingin mendinginkan komputermu saja dan tidak melakukan overclocking maka kamu dapat memilih Arctic MX-4 dan jika kamu seorang yang ingin melakukan overclock maka Noctua TH-H1 adalah pilihanmu. Jika kamu benar-benar menginginkan penurunan suhu yang sangat maksimal maka Thermal Girzzly Conductonaut adalah pilihanmu namun kamu harus ingat bahwa thermal paste berbahan metal harus digunakan dengan cara sangat berhati-hati karena konduktif. Untuk informasi mengenai Android, Emulator, Anime, dan Sekuriti PC selalu kunjungi Emulatoria.id